BAB
I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1. Identitas
Perusahaan
Usaha yang akan dibangun ini bernama
Desain Web (DW) , Pemilihan nama
di ambil dari salah satu aplikasi untuk merancang web yaitu Dreamweaver atau sering
disebut DW, yang menjadikan nama lebihfamiliar dan mudah di ingat serta tetap
trendy dan modern dalam dunia IT.
1.2.
Bidang Usaha dan Bentuk
Hukum Usaha
Badan usaha yang kami dirikan ini
baru dan belum mempunyai badanhukum yang tatap, namun dalam perkembangannya
nanti kami akanmengajukan pembuatan NPWP agar kami mempunyai badan hukumyang
tetap. Untuk aplikasi program kami akan memakai Aplikasi yangbersifat OPEN
SOURCE (gratis) agar terhindar dari masalahpembajakan.
1.3.
Visi dan Misi Perusahaan
1.3.1.
Visi
Visi dari Desain Web ini adalah
:Menjadikan Desain Web sebagai usaha Desain web yang unik dengankarakter dan
ciri khas dari setiap produk yang dibuat.
1.3.2.
Misi
Misi yang diemban oleh Desain Web adalah
menyediakan pelayanandengan kualitas produk yang terbaik.
1.4.
Tujuan dan Sasaran
Perusahaan
Selain mencari keuntungan yang
besar,tujuan dari bisnis Desain Web ini adalah untuk memanfaatkan potensi yang
ada, meskipun sering kita jumpai jasa pembuatan desain web namum masih banyak usahawan yang kurang
memperhatikan dalam proses kualitas dan kenyamanan pelanggan dari produk
yang dibuat.
Sasaran perusahaan untuk pelanggan
Desain Web adalah masyarakat maupun organisasi yang membutuhkan sebuah sistem
informasi yaituWebsite sebagai fasilitas untuk memperkenalkan tentang
organisasi itumelalui dunia maya. Dari hasil penelitian maka perusahaan
mengetahuitarget pasar yang ada di lokasi. Target pasar yang perusahaan
kemukakan inimerupakan salah satu representsai dan segmen dalam memasukiarea
pasar, hal ini merupakan awal permulaan yang sangat penting untukmemahami
segmen dan target pasar yang ada pada lingkungan sekitar. Berikut beberapa
target pelanggan yang dipastikan perusahaan diantaranya adalah :
1.
Instansi / Lembaga
2.
Perusahaan kecil atau CV
3.
Mahasiswa
4.
Pebisnis online
5.
Masyarakat
1.5.
Analisis
Kopetensi SDM
Tim kami mempunyai Sumber Daya yang
cuku berkualitas untukmenjalankan usah di bidang jasa Desain Web ini, di
buktikan denganpernah PKL pada bidang-bidang IT serta mempunyai beberapa
sertifikatkompetensi (terlampir). Beberapa skill yang di kuasai oleh anggota
tim
1. Menguasai
pemograman web HTML dan PHP
2. Menguasai
pembuatan website dengan joomla, macromediadreamwever, wordprees, blogspot.com,
Ms Office Publisher
3. Menguasai
Pembuatan program/software sederhana berbasis database dengan MYSQL,
acces, SQL Server
4. Menguasai
web server
1.6.
Rencana
Pengembangan Usaha
Usaha ini akan terus kami kembangkan
dengan semangat dan komitmenyang kuat, bahkan kami akan membuka cabang baru di
daerah-daerahyang sangat dan memiliki peluang untuk usaha ini. Untuk
modalpengembangan usaha akan kami tambah dari modal sendiri serta kreditbank.
1.
Merekrut Karyawan baru.
2.
Mentraining karyawan baru
untuk ditempatkan pada Cabangbaru nantinya.
3.
Saling berbagi ilmu dan
saling membantu untuk menerapkansistem penjualan melalui internet marketing dan
memantapkanstrategi pemasaran kami.
1.7.
Keberhasilan
Usaha
Kami yakin usaha ini akan berkembang
terus dan keberhasilan nya ditentukan oleh beberapa hal sebagai berikut:
1.
Pelayanan Jasa kami yang
ramah, cepat dan bertanggung jawab.
2.
Letak yang strategis
dalam endirikan usaha yaitu di sekitar Perguruan Tinggi.
3.
Keunggulan layanan scan
virus gratis dan konsultasi IT yang belum pernah di lakukan pesaing sekitar.
4.
Anggota tim yang
mempunyai link dan partner yang cukupbanyak.
5.
Kemampuan dan skill dari
anggota tim yang sudah mempunyai sertifikat.
6.
Harga dari jasa yang di
tawarkan cukup terjangkau untuk kalangan
menengah
1.8.
Analisa
SWOT
1.8.1.
Strength
(Kekuatan)
Kekuatan dari Desain Web adalah :
1. Menjual
produk untuk semua kalangan masyarakat umum.
2. Aksesoris
lengkap.
3. Memberikan
garansi produk.
4. Memberikan
pelayanan yang nyaman dan berkualitas.
5. Lokasi
strategis.
1.8.2
Weakness
(Kelemahan)
Kelemahan dari Desain Web adalah :
1.
Tidak adanya persediaan
pada saat pemesanan barang Masih satu tempat dan belum mempunyai cabang.
2.
Adanya manajemen
pengelolah yang kurang rapi.
3.
Kemampuan SDM yang belum
bias memenuhi keinginankonsumen.
4.
Karea masih menjadi usaha
baru, promosi yang dilakukanmasih belum menyebar luas.
1.8.3
Opportunity (Peluang)
Peluang
dari usaha Desain Web adalah :
1.
Tidak banyak tempat yang
khusus menyediakan layanandesain dan perbaikan web.
2.
Banyak yang mencari jasa
pembuatan website yang murahdan berkualitas.
1.8.4
Treath (Ancaman)
Ancaman
yang ada dari usaha Desain Web adalah :
1.
Banyaknya penjual jasa
yang menawarkan fasilitas lebih lengkap
dan harga yang lebih murah
BAB II
ASPEK PASAR DAN RENCANA PEMASARAN
2.1
Gambaran umum pasar
Untuk
saat ini jumlah prospek pasar dibidang pembuatan jasa desainweb khusunya masih sangat
luas, untuk itu kami berfokus pada daerahBatam Center dimana kami melihat
kebutuhan jasa Desain web untukkalangan mahasiswa dan pegawai kantor maupun
lembaga dan perusahaan kecil yang cukup tinggi.
2.2 Analisa
Pemasaran
2.2.1
Konsumen.
a. Sasaran Utama Konsumen
1.
Mahasiwa Perguruan tinggi
yang menggunakan laptop danmasih awam dengan penggunaan komputer
khusunyamahasiswa yang mempunyai jurusan selain jurusan
IT disekitar daerah temapt usaha.
2.
Pegawai perkantoran
seperti Guru Sekolah, Dosen, Pegwaikantor yang berada di sekitar tempat usaha.
3.
Teman-teman dari kami
yang sudah mengetahui kapasitaskerja dan kemampuan kami.
4.
Lembaga atau
Perusahaan– Perusahaan kecil sekitartempat usaha.
5.
Masyarakat sekitar tempat
usaha pada umumnya
b. Perkiraan Jumlah
Persediaan Produk Dan Jasa
Untuk memperkirakan jumlah persediaan
product dan jasayang akan kami tawarkan akan memakai sampel 1 bulanawal
terhitung saaat mulai pendirian usaha, namun akanterus naik setiap bulannya
dengan penyesuaian terhadapjumlah permintaan terhadap produk dan jasa yang
kamisediakan. Berikut data produk dan jasa yang kami sediakanbeserta jumlahnya:
2.2.2
Perkiraan Jumlah
Permintaan ( Konsumen )
Dari
data persediaan product dan jasa di atas dapat diperkirakan jumlah permintaan
dan penawaran setiap bulannyadari konsumen dengan data sebagai berikut :
Bulan ke 1-3
Analisa Penjualan produk dan jasa
dalam bulan ke 1-3
2.2.3
Strategi
Pemasaran
a. Keterangan Produk
Produk
yang akan di jual di khusukan pada pelayanan jasadan aksesoris komputer yang
mana pelayanan jasa ini dilakukan oleh anggota kelompok yang sudah memiliki
skildan keterampilan di masing-masing bidang usaha.
b. Keunggulan Produk dan
Jasa
Disini
kami tidak hanya menyediakan pelayanan jasa saatpelanggan masuk, namun untuk
jaringan kami memberikanmaintenance atau garansi untuk masalah-masalah
tekniskhusunya desain web. Kami juga memberikan pelayananjasa untuk scaning virus
dan konsultasi masalah IT secaragratis kepada konsumen.
c. Harga Produk
Harga
yang di tawarkan itu bergantung pada tingkat ataulevel permintaan dari
konsumen, namun semua bentukharga akan terjangkau oleh konsumen, karena
konsumenakan banyak berasal dari kalangan mahasiswa.
d. Jalur Penjulan
Penjualan
Produk dan jasa akan kami lakukan secara indoordan outdoor, dimana tidak hanya
di tempat usah tapi kamiakan menerima layanan antar dan jemput produk.
Penjuankami lakukan secara langsung maupun melalu internet.
e. Promosi
Untuk
promosi priorotas utama kami adalah melau website,facebook, twitter,radio dan
pamflet yang akan di sebar disekitar komplek, universitas, areal pasar.
Kemudianpresentasi langsung ke-kantor kantor dan toko yang sudahmembutuhkan
sebuah sistem informasi untuk kantornya.Utamanya akan di lakukan oleh per
anggota melalui teman-teman terdekat.
f.
Garansi
Setiap
Penjualan jasa yang kami lakukan akan kami berikangaransi yaitu maintenance
gratis, untuk desain web garansiselama 2 minggu
2.2.4
Analisis
Pesaing
a. Tahap Survey Pesaing
Adapun
tahap survey yang kami lakukan untuk meninjaupesaing di sekitar lokasi usaha
yang akan kami lakukanyaitu dengan cara tinjaun langsung lokasi pesaing
daninformasi dari teman-teman terdekat serta konsumen yangsudah pernah belanja di
toko tersebut
b. Jumlah Pesaing
Dari
survei yang kami lakukan ada beberapa bentukservice komputer dan penjualan
komputer yaitu :
c. Keunggulan dan Kekurangan
Pesaing
Dari
data yang kami kumpulkan ada beberapa kelebihandan kekurangan pesaing
Kelebihan
:
1.
Penjualan Aksesoris yang
sudah lengkap.
2.
Jumlah pelanggan tetap
yang sudah banyak.
3.
Tingkat kepercayaan
konsumen yang sudah tinggi.
4.
Modal yang besar
Kekurangan :
1.
Tingkat Pelayanan jasa
yang masih kurang nyaman danramah
2.
Keterlambatan waktu
perbaikan komputer bahkan untuk instalasi komputer itu mencapai 1 hingga 2
hari.
3.
Tidak ada layanan
pembuatan webdesign, webblog dan editing.
4.
Kemampuan anggota teknisi
yang masih minim.
5.
Semua bentuk pelayanan
jasa mempunyai nilai bayar
6.
Susah untuk menerima
panggilan langsung ke rumah
2.2.5
Peluang Usaha
Dari beberapa kekurangan yang ada pada pesaing, maka kami bisa melihat peluang pasar yang cukup menguntungkan,dimana
untuk menarik pelaggan kami menyediakan layananscan virus gratis dan konsultasi
masalah IT. Kami jugamengutamakan layanan outdor-antar jemput barang
sertapelayanan jasa yang cepat, bahakan untuk instalasi komputerbisa menuggu
dalam hitungan jam. Hal inilah yang akanmembuat peluang pasar kami di daerah
kapalo koto menjadicukup bagus, terutama untuk para mahasiswa yang seringmengalami
kendala dalam masalah tugas berbasis online.
BAB III
ASPEK PRODUKSI
3.1 Produk
dan Jasa
Jenis layanan jasa yang akan kami tawarkan pada usaha desain
web:
a. Instalasi
Komputer
·
Instal
ulang sistem operasi untuk PC dan Laptop memakaisistem operasi windows xp,
windows vista, windos 7, winows8, linux, windows server
·
Instal
program aplikasi seperti aplikasi untuk music, video,office, multimedia dan
game.
b. Web
Design
·
Pembuatan
website untuk pribadi, organisasi dan komersil
·
Database
online
·
Pembuatan
website HTML dan PHP
·
Website
berbasis joomla
·
Free
Hosting Dan Premium Hosting.
c. Web Blog
·
Pembuatan
Blog dengan Blogspot.com
·
Pembuatan
blog dengan wordpress
·
Pembuatan
web dengan joomlad.
d. Konsultasi
IT
·
Konsultasi
masalah pemakain software aplikasi
·
Konsultasi
masalah pemakain sistem operasi
e. Layanan
Jasa Pendukung
·
Editing
Photo dan Video
·
Jual
Beli aksesoris computer
3.2 Proses Produksi
a.
Instalasi Komputer
Adapun
teknis dalam pelaksanaan instalasi komputer adalah sebagai berikut :
1. Konsumen membawa laptop atau PC ke tempat kami ataupunkami
datang langsung ke tempat konsumen.
2. Menanyakan permasalahan yang dihadapi, jika konsumenmemnita
instal ulang, maka akan di kerjakan secera cepat,maksimal selama 2 jam, jika
perbaikan maka akan kami kamiperiksa dimana letak kerusakanya.
b.
Konusultasi IT dan Scan virus gratis
1. Ini kami lakukan secara gratis, sebagai keunggulan dari
produkkami
2. Konsumen bisa datang langsung, menanyakan masalah
yangterjadi, dan kami akan memberikan solusi dari permaslahan itu.
c.
Bahan Baku
Adapun bahan baku yang kami gunakan adalah sebagai berikut :
3.3 Jumlah
Tenaga Kerja
Jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan oleh Desain Web ini
adalah sebanyak9 pekerja yang mempunyai tugas dan tanggung jawab masing–
masingsebagai berikut :
3.2.1 Manager
-Melakukan monitoring/ kontrol terhadap perkembanganusaha
-Memberi
perintah/ tugas kerja kepada Bagian-bagian
-Melayani konsumen yang melakukan perbaikan danpermintaan jasa
-Menjawab pertanyaan dan melayani kosumen yangbertanya secara online
-Melakukan kontrak/ kerjasama dengan pihak vendorsebagai penyedia produk
3.2.2 Sekretaris
§ Mencatat semua transaksi penjualan
§ Menyimpan dan mengarsipkan setiap faktur
§ Bertanggung jawab kepada manager
§ Menerima Job Sheet dari konsumen
§ Membuka dan menutup Toko/ Kios
§ Melakukan Promosi
§ Menata barang dagangan
3.2.3 Bendahara
§ Mencatat uang masuk dan keluar kantor
§ Membuat laporan keuangan
§ Mengelola keuangan kantor
§ Memegan rekening kantor
§ Pembayaran dan pembelian barang dan jasa
§ Pemabayaran gaji karyawan
§ Membuka dan menutup Toko/ Kios
§ Melakukan Promosi
§ Menata barang dagangan
3.2.4 Teknisi
§ Memperbaiki Setiap konsumen yang masuk
§ Melakukan pembelian terhadap barang produksi
§ Melakukan meintenance service
§ Mengelola perkakas untuk service
§ Melakukan perbaikan secara indoor maupun outdoor
§ Membuka dan menutup Toko/ Kios
§ Melakukan Promosi
§ Menata barang dagangan
3.2.5 Software Engineer
§ Membuat
dan mengolola website Desain Web sebagaimedia pelayanan jasa online untuk
konsumen
§ Menerima
permintaan pembuatan website dari konsumen
§ Melakukankan
maintenance pada website yang di ajukankonsumen
§ Membuka
dan menutup Toko/ Kios
§ Melakukan
Promosi
§ Menata
barang dagangan
BAB IV
ASPEK KEUANGAN
4.1. Rencana Anggaran Biaya
Biaya
yang diperlukan dalam mendirikan usaha ini adalah sebesar Rp19.559.000 (Sembilan
Belas Juta lima ratus lima pulus sembilan riburupiah) dengan rincian sebagai berikut :
BAB V
PENUTUP
5.1. Kesimpulan
Berdirinya
berbagai lapangan usaha dikarenakan adanya kebutuhanmasyarakat dan permintaan
pasar yang sangat mendukung perkembanganusaha, terlebih usaha dalam bidang
teknologi yang semakin maju karenasangat terbuka lebar bagi siapa saja yang
akan mencobanya. Hal itu jugayang mengispirasi kami untuk membangun usaha yang
kami beri namaDesain Web.Bisnis di bidang IT ini selain banyak peminatnya juga
sebagai bisnis yangmenjanjikan, dengan lokasi usaha yang strategis dan dengan
inovasi barudapat menambah besarnya keuntungan yang akan diperoleh
danmemberikan jaminan bahwa usaha ini akan dapat berkembang dengan cepat.
5.2. Saran
Agar
pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan lancar, kami mempunyai beberapa
saran,antara lain:
1. Percaya
dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan.
2. Aktif
berkomunikasi berkomunikasi.
3. Mempunyai
etos kerja yang tinggi.
4. Mau
mendengarkan kritik dan saran dari orang lain.
5. Tidak
mudah putus asa.
6. Mampu
menghasilkan produk yang berkualitas
7. Mengutamakan
kepuasan pelanggan.
8. Disiplin,
bertanggung jawab, kreatif dan inovatif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Share and Komentar